Artis  

Artis Sekaligus Politikus Marissa Haque, Tutup Usia

JAKARTA, kontak24 – Artis papan atas di era 1980-an, Marissa Haque, menutup usia pada 2 Oktober 2024. Semasa hidupnya, Marissa beberapa kali berganti profesi bahkan sempat mengabdi sebagai dosen.

Kabar duka itu disampaikan oleh Chiki Fawzi, putrinya melalui akun Instagram.

Lahir di Balikpapan, artis bernama Marissa Grace Haque itu merupakan anak pertama dari tiga bersaudara. Dua adiknya, Soraya Haque adalah seorang model dan aktris serta Shahnaz Haque merupakan seorang pembawa acara.

Kejar S3 Sampai Jadi Dosen
Di tengah kesibukannya, Marissa masih menyisihkan waktu untuk belajar hingga mengajar. Ia berhasil menamatkan pendidikan S1 Hukum Perdata di Universitas Trisakti. Melansir dari laman Universitas Trisakti, Marissa bahkan memiliki 4 gelar S2.

Ia mengenyam studi S2 atau Magister padaprodi S2 Linguistik Terapan Bahasa Inggris di Universitas KatolikAtmajaya, S2 Hukum Bisnis di Universitas Gadjah Mada, S2 Ekonomi dan Bisnis di Universitas Gadjah Mada, S2 Pascasarjana Kajian Timur Tengah dan Islam Konsentrasi Keuangan Syariah di Universitas Indonesia. Puncaknya, ia meraih gelar S3 Pengelolaan (Manajemen) Lingkungan di Institut Pertanian Bogor.

Sampai akhir hayatnya, Marissa Haque masih aktif menjadi dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Banking School (STIE IBS), Kemang, Jakarta Selatan. Melansir laman IBS, cakupan riset Marissa termasuk bisnis, marketing, hingga zakat.

Ia beberapa kali mengunggah kesehariannya sebagai dosen di laman Instagramnya @marissahaque. Sehari sebelum meninggal dunia, Marissa dikabarkan masih aktif mengajar.

“Kemarin juga masih mengajar,” kata Manajer Ikang Fawzi, Jojo, dalam sambungan telepon dengan detikcom, Rabu (2/10/24).

Kampus tempat Marissa mengajar turut mengunggah ucapan bela sungkawa dalam Instagram resminya.

“Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Segenap Sivitas Akademika Indonesia Banking School Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya Ibu Marissa Grace Haque,” tulis akun @kampusibs,

Karier Artis hingga Panggung Politik
Karier Marissa Haque sebagai aktris makin terlihat ketika membintangi film Tinggal Landas Buat Kekasih pada 1984 dan Biarkan Bulan Itu pada 1986. Untuk Tinggal Landas Buat kekasih Marissa Haque memenangkan Festival Film Indonesia sebagai Pemeran Pendukung Wanita Terbaik.

Film tersebut juga mempertemukan MarissaHaque dengan jodohnya, yaituIkangFawzi. Aktris dan rocker itu bertemu dalam film Tinggal Landas Buat Kekasih hingga menikah pada 3 Juli 1986.

Pada 2004, Marissa Haque memulai karier politiknya di partai PDIP. Dia menjadi caleg dan terpilih sebagai anggota DPR RI periode 2004-2009 untuk Dapil Jawa Barat II. Marissa Haque beberapa kali pindah partai. Setelah dari PDIP Marissa Haque gabung dengan PPP kemudian PAN.

Marissa Haque saat ini disemayamkan di rumah duka, kawasan Pelangi Bintaro, Tangerang Selatan. Artis serba bisa itu dikabarkan akan dimakamkan di Tanah Kusir. ****” (Dsy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *